Rabu, 18 Januari 2012

Last story


Shine
            Hay, gue Starla Shelvia Ramanacika alias Lala. Umur 18 tahun. Tinggi 170 cm. Mahasiswi semester 4 Fakultas Hukum Universitas Swasta di Jakarta. Gue Ketua Senat, rangkap Leader of Journalist team buat majalah kampus di kampus gue sendiri. Gue punya seorang teman, namanya Seezillia Melli atau gue biasa panggil Zee. Punya tinggi 10,1 cm lebih pendek dari gue. Orang yang selalu duduk disamping gue saat mata kuliahnya diisi sama Mrs. Gee. Upz satu lagi dan ini dia, bagian terpenting dari semua yang akan gue tulis adalah mengenalkan seseorang ke kalian. Ricky Raditya Rusdiantoro, alias Kiki. Cowok blasteran Thailand Indo, kapten basket (loe pasti bisa bayangin berapa tingginya, yah 170 juga), rangkap assistant gue di kejurnalisan. Gini ceritanya. Suatu hari saat gue baru aja keluar dari ruang journalist dan jalan ke auditorium sama Kiki sambil bawa berkas-berkas dua tumpuk yang kira-kira sekitar 40 cm setumpuk. Di depan kolam air mancur patung malaikat, Kiki kayak orang yang kesambet setan. Yah, abisnya kita papasan sama Zee. Dan gue udah paham, kalo Kiki suka sama Zee, bahkan sampai sekarang juga tetap sama. Gue cuman masang mukak tanpa ekspresi yang nggak jelas apa itu sedih, senang, bahagia, atau duka lara, gue juga nggak tau pasti. Tapi, Kiki malah kayak udang rebus yang dicampur saos cabe dengan sentuhan pewarna tekstil. Mukaknya jadi merah. Gue  jadi berfikir kalau Kiki, nggak lebih baik dari anak kelas satu SMP yang baru pertama kali jatuh cinta. Yaellah.
            Jujur deh, dia sering cerita ke gue tentang Zee. Dan gue cuman nanggepin dengan ngangguk nggak jelas padahal gue nggak ngerti apa yang dia omongin dari tadi. Gue mungkin berfikir kalo gue kenal Kiki lebih dari siapapun yang kenal Kiki. Dan semua pencitraan baik gue didepan Kiki mulai Kiki lupakan semenjak Zee datang ke kehidupan gue bahkan Kiki. Jujur dari lubuk hati yang sedalam samudera, gue suka sama Kiki, bahkan melebihi rasa suka Kiki ke Zee sekalipun. Walaupun gue tau, Kiki nggak pernah suka sama gue. Itu emang terjadi. Dan disisi lain, gue sama Zee sempet dekat, kira-kira dua bulanan. Zee nggak sengaja tau kalo gue suka sama Kiki……kampret. Tapi nggak semata-mata kayak gitu doang. Zee malah bilang ke gue kalo dia bakal bantu gue. Tapi apa, loe tau, Zee malah pacaran sama Kiki, sampai sekarangpun masih. Tapi gue berusaha tegar, dibohongin sama temen sendiri. Ya udah lah, nggak ada gunanya menyesal.
            Berangkat dari pengalaman, gue jadi pengen lebih serius dan konsen ke kuliah dan kerjaan gue sebagai senat dan journalist. Gue nggak bisa lepas tanggung jawab donk. Dari sekian banyak yang gue hadapi, ini yang nggak bisa gue hindari. It’s very impossible. Makanya dari playgroup, TK, SD, SMP, SMA, dan sampai sekarangpun gue masih jomlo-jomlo aja. Jadi boleh dibilang Kiki itu cinta pertama gue, dari sekian banyak cowok yang pernah gue kenal selama gue menarik dan menghembuskan nafas di bumi Indonesia. Ciahhhhhh...
               Drama dramatis yang menimpa gue, sebenarnya nggak membuat gue jadi frustasi. Malah gue jadi makin ngerti dan percaya. Cinta pertama itu seringkali menyakitkan. Disaat orang-orang yang senasib sama gue memilih untuk bengong, ngelamun, atau sekedar bunuh diri, gue malah lebih mikirin acara TV yang nggak mau gue tinggal, , (loe tau dong gue sibuk). Cinta Cenat Cenut 2. Acara ini gue demen banget. Abis gue bisa ngelihat surga dunia dipajang satu setengah jam di hadapan TV gue. Dan seenggak-enggaknya gue bisa nyaksiin pacar-pacar gue antara lain Dicky, Rangga, Bisma, Morgan, tentunya dan so pasti Rafael yang semuanya adalah personil SMASH , yang main sinetron. Itu bisa ngobatin kegalauan gue, seenggaknya gitu. Assseeeekkkkk.
            Lebih dari itu semua, gue malah ketemu sama seorang senior yang namanya juga Rafael. Anak hukum semester enam. Pertama dia itu pinter, kedua gantennngggg, ketiga baik, tapi sayangnya dia bukan bagian dari senat atau journalist team, ahhhhhh. Dia jago main basket, tapi malah keluar dari team, dan ngasi jabatan tertinggi alias kaptennya ke Kiki. Gimana sih?. Pokoknya penggambaran tentang Kak Rafa itu terlalu sulit untuk dipaparkan kedalam karya ilmiah ilmu percintaan Republik Rakyat Cinta. Tapi ada lho…kenangan gue ama Kak Rafa pas pertama kali gue ospek. Secara gitu, gue…Lala…..ketimpug bola basket. Loe denger KETIMPUG BOLA BASKETNYA KAK RAFA, dan loe tau apa yang terjadi, dia….dia…..dia….dia….dia…cuman bilang sorry. Dia nggak ngajak kenalan!! NGGAK NGAJAK KENALAN!! DIMANA REPUTASI GUE!!! Rumput bergoyang menjawab “Got…!!”. Anyway, gue tetap semangat. Dan sekarang, gue malah ada job interview Kak Rafa buat jadi berita utama di majalah gue. Seru nih…… Sore itu gue abis berantem ngerebutin penggaris sama Kiki di depan auditorium. Gue udah males banget dan langsung cabut berhubung udah jam 3. Waktunya interview Kak Rafa di perpustakaan. Gue naik dengan semangat. Bahagia deh gue. Bukan karena berita ini berita utama, tapi karena gue bisa kenalan lagi ama Kak Rafa. Nggak nyangka, sekarang gue duduk didepan Kak Rafa, dan dengan suara pelan, gue mulai interview dengan gaya yang ya….santai lah.
            “Hay Kak, aku Lala, yang ditugasin sama Pak Edo buat interview kakak” kata gue pelan
            “Iya, Aku Rafa”
            “Iya kak” . Selanjutnya gue diem aja dan nggak bergeming. Busseettt ni orang ganteng cinnn
            “La” Kak Rafa mecahin lamunan kristal gue
            “Oh iya, sorry kak, ya udah lanjut-lanjut” kata gue dengan tampang nggak punya tampang
Akhirnya interview selesai. Merdekaaaa….nerakaaaaaa…hoorrassss
            To the point, gue langsung ke ruang jurnalistik dan ngetikin apa yang gue omongin tadi. Karena gue lagi bahagia, otak gue berjalan cepat, dan dalam setengah jam beritanya udah siap pajang. Hebat kan gue. Gue lari turun ke lantai dasar, mau buru-buru pulang, makan dan tidur sesuka gue. Pas lagi lewat lapangan basket yang cukup sepi dan rindang, gue liat Kak Rafa duduk dibangku sambil pegang bola basket. Kesempatan emas, gue samperin aja
            “Kak Rafa” kata gue sok kecakepan
            “Hay, duduk”, gue langsung bangga denger kata-kata itu
            “Kalau masih suka basket kok nggak masuk team sih?” gue sok tau
            “Nggak, aku cuma lagi kangen sama lapangan ini” sahutannya bareng ama senyuman maut
            “Oh..” kata gue sambil ngangguk-ngangguk nggak jelas.
            “Ikut, kakak yuk”
            “Kemana?”….. kemudian semuanya sunyi
            Wah…gue bahagia banget diajak jalan ama Kak Rafa. Thanks God. I MISS U FULL. Hahahahahha. Tapi lama kelamaan gue sadar, usaha gue deketin Kak Rafa dengan tujuan ngebuka hati buat orang lain itu sia-sia belaka. Tetep aja orang yang selalu gue inget tiap makan fried potato with chili sauce atau pizza cheese barbeque atau milk shake strawberry itu ya Kiki. Orang yang dulu paling sering gue ajak makan, bahkan sejak SMA. Ini bener-bener nggak adil, kalau Kiki harus pacaran sama Zee. (galaumendadak). Gue bener-bener baru ngerasain, kehilangan. Ini untuk yang pertama kali dan gue harap yang terakhir. Ini nggak lucu banget. Sia-sia perjuangan gue.
            Dalam hidup, gue berusaha untuk jadi yang terbaik dimata Kiki, Dosen gue, dan orang-orang. Gue belum puas bisa jadi Ketua Senat atau Journalist’s Leader, yang gue mau itu nyukurin kepalanya rector gue, biar mengkilap sekalian, dan ngancurin apa yang mesti gue ancurin. Ayolah Starla, loe itu PW, Perfect Woman, right? Gue sering bilang kayak gitu ke diri gue sendiri. Kadang gue ngerasa lebih parah dari pada mak lampir yang udah tua belum kawin juga, tapi gue nggak ngarep kawin muda ataupun nerusin mak lampir yang nggak kawin-kawin. Gue pengen normal. NORMAL…NORMAL. Ini itu sebenarnya sejarah. Ya Tuhan, kenapa sih Kiki harus pacaran sama Zee? Gue udah tanya 101 kali ke Tuhan, tapi nggak pernah dijawab secara lisan ataupun tertulis. Gue merana tau… Kalau aja gue nggak sahabatan sama Kiki…, kenapa gue jadi alay gini ya?
 Udah-udah. Stop sampe disana aja. Gue bener-bener bukan orang yang cukup genius untuk bisa nyukurin rambut rector gue, atau mangkasin rumput satu kampus. Tapi gue cuman pengen, setidak-tidaknya ada masalah antara Kiki sama Zee. Kenapa mereka damai-damai aja??? WHY?? KENAPA??? KENAPA??? TIDAKKKKKKKKK……..
            Emosi gue semakin memuncak, karena tiap hari Zee duduk disamping gue dan berkata “La, loe tau nggak, Mega suka ama elo”, “La, loe tau nggak, Mega suka ama elo”, “La, loe tau nggak, Mega suka ama elo”, “La, loe tau nggak, Mega suka ama elo”, itu aja diulang-ulang. Bosen gue dengernya. Dan kata-kata paling menyakitkan yang dia omongin ke gue adalah “La, loe mau pilih Mega apa Mr.Rain buat loe jadiin pacar. Lebih baik dicintai tau dari mencintai”, dan gue cuma jawab dengan gamblang “Berarti loe nggak cinta donk ama Kiki” dan dia juga jawab dengan gamblang “Cinta, banget malah”. Dan gue cuma senyum sambil liat matanya Zee. “Gue cuma mau ingetin loe Zee, gue nggak akan pilih antara Mega atau Mr.Rain tapi loe perlu tau dan inget kalo gue sukanya bukan sama Mega ataupun Rain, tapi sama pacar loe, loe tau itu kan. Gue nggak bermaksud untuk menghancurkan hubungan loe, tapi gue cuma pengen bikin loe sama Kiki putus. Puas” kata gue dengan tampang evil yang lumayan serem. Seketika Zee nangis dan ngeluarin tampang malaikat gagal panen kecebur spitenk, dan Kiki, yah loe tau donk, dia marah sama gue soalnya udah nyakitin Zee. Bodo amat. Yang penting seharusnya dia tau, gue itu sayang sama Kiki lebih dari Kiki sayang sama Zee. Semoga suatu saat Kiki bakalan tau. J
The End
Kematian tidak pernah memisahkan cinta
Yang terpisah hanya dimensi semata
Cinta tidak pernah berusaha untuk membunuh dirinya
Saat kita jatuh cinta, kejarlah
Saat merasa bahagia tersenyumlah dan saat itu juga
Cinta sudah kau temukan

            Dear Kiki,
Gue sama sekali nggak tau dari mana gue harus mulai. Gue juga nggak tau, apa loe akan baca surat ini sampai habis. Tapi yang jelas, loe akan tau semua yang gue tau suatu saat nanti. Ki, loe tau, gue sayang sama loe lebih dari loe sayang sama Zee. Gue emang nggak pernah mau bilang sama loe karena gue tau, itu cuman bikin persahabatan kita rusak, dan lama kelamaan gue sadar kalau loe cinta sama Zee dan bukan gue. Seenggaknya gue bisa tau sebelum hari ini. Hari ini wisuda kita kan Ki, gue harap loe bisa bener-bener wujudin impian loe jadi Jaksa , itu kan yang loe mau. Gue harap, loe bisa jalanin hidup loe dengan baik. Gue cuman ada satu permintaan, Ki, tolong selalu anggap gue sahabat, dulu, sekarang, besok dan sampai kapanpun. Karena buat gue, loe adalah cowok terbaik yang pernah hadir dihidup gue. Gue sayang sama loe Ki, selamanya. Saat loe perlu, gue akan selalu ada disisi loe, walaupun loe nggak pernah sadar betapa sayangnya gue sama loe.

                                                                                                                        Lala

Gue pergi diumur 20 tahun, dihari wisuda gue dan Kiki. Gue nggak tau, kenapa gue selalu ngerasa sehat-sehat aja, walaupun disisi lain gue juga tau kanker didarah gue terus tumbuh. Gue emang nggak mungkin hidup lebih lama lagi, tapi buat gue sekedar ngerasain jadi manusia selama 20 tahun dan kenal sama seorang Ricky Raditya Rusdiantoro itu udah lebih dari cukup, walaupun gue nggak bisa jujur sama Kiki, kalau biar gimanapun juga gue sayang sama dia, dulu, sekarang dan selamanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar